Cara Mengajar Anak Mengaji Dengan Baik Dan Benar

Siapa yang tak mau memiliki buah hati anda menjadi anak yang sholeh dan juga sholehah.

Pasti ayah dan bunda pun menjadi salah satu pasangan orang tua yang menginginkan memiliki anak yang sholeh dan sholehah, yang kelak akan mendoakan kita di akherat.

Lalu bagaimana sebenarnya cara yang bisa untuk ayah dan bunda lakukan, agar  si kecil menjadi anak yang sholeh dan sholehah kelak?

Bagi umat muslim atau yang beragama islam, tentunya mengajarkan agama sejak dini adalah hal yang penting. Begitupun yang ayah dan bunda bisa lakukan, supaya nantinya bisa memiliki yang namanya anak sholeh dan juga sholehah. Salah satunya yaitu dengan mulai mengajarkannya mengaji.

Mengaji Al Qur’an adalah dasar yang sangat penting bagi kita yang beragama Islam. Karena dari mengaji Al Quran kita bisa beribadah kepada Allah SWT dengan tuntunan ilmu yang benar. Meskipun begitu kita tetep harus didampingi guru yang benar agar kita bisa mengerti arti dari ayat-ayat Al Qur’an tersebut.

Memang untuk mengajarkan mengaji pada anak usaia dini tidaklah semudah yang dibayangkan. Karena nantinya pasti ayah dan bunda akan mengalami banyak sekali rintangan yang harus dilewati. Namun tentu saja ayah dan bunda tidak boleh menyerah begitu saja. Supaya si kecil jadi pintar dalam mengaji.

Sebenarnya ada banyak sekali berbagai macam cara yang efektif dan bisa di coba oleh ayah dan bunda saat ingin mengajarkan si kecil untuk belajar mengaji.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa ayah dan bunda gunakan untuk mengajarkan  si kecil untuk belajar mengaji.

  1. Cari waktu yang tepat

Untuk cara yang pertama ayah dan bunda bisa lakukan adalah dengan cara mencari waktu yang cocok dengan si kecil.  Selain itu juga memang ayah dan bunda tanyakan terlebih dahulu waktu manakah yang akan di pilih si kecil untuk belajar mengaji.  Namun berikan juga pengertian kepada si kecil mengenai jadwal yang sudah disepakati tersebut.

  1. Jelaskan kenapa harus mengaji

Jangan lupa juga ayah dan bunda untuk menjelaskan kepada si kecil mengenai betapa pentingnya mengaji tersebut. Tapi ayah dan bunda juga tentu harus juga mendengarkan segala macam pendapat dan juga keluhannya saat sedang belajar mengaji.

  1. Berikan teladan yang baik

Supaya si kecil menjadi lebih rajin dan semangat saat sedang belajar mengajari, ayah dan bunda pun tentu harus memberikan teladan yang baik juga. Karena jika ayah dan bunda memberikan teladan yang baik, maka si kecil pun pasti akan dengan mudahnya untuk mengikuti.

  1. Berikan pemahaman mengenai Al-quran

Supaya si kecil menjadi cinta dan senang untuk belajar mengaji, maka jangan lupa juga untuk memberikan pemahaman mengenai apa itu keistimewaan dari Al-quran. Tapi sebaiknya berikan pemahaman yang santai saja. Supaya si kecil menjadi lebih mudah dalam dalam mengerti dan memahaminya.

  1. Sabar dan kreatif

Saat sedang mengajarkan anak mengaji, memang kesabaran adalah salah satu hal yang sangat penting sekali dimilikin oleh ayah dan bunda. Jangan lupa juga untuk selalu kreatif dalam mengajarkan mengaji buah hati anda.

  1. Berikan reward

Agar si kecil menjadi semangat, jangan lupa juga ayah dan bunda memberikan reward atau penghargaan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan hadiah kepada si kecil ketika sudah berhasil belajar mengaji dengan baik dan benar. Dengan begitu ia pun akan lebih semangat.  Akan lebih baik jika ayah atau bunda memberika hadiah berupa hal-hal yang bisa membuat si kecil untuk rajin beribadah. Contoh: mukena anak karakter, sarung, atau perlatan sholat lain yang disenangi si kecil.

Lantas bagaimana kalau ternyata si kecil enggan atau malas untuk belajar mengaji?

Pastinya salah satu hal yang harus ayah dan  bunda lakukan adalah dengan lebih sabar lagi ketika sedang mengajarkan si kecil mengaji, dan jangan lupa juga untuk terus mendoakan si kecil serta membimbing supaya bisa benar-benar pintar dan mahir mengaji.