Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Tidur menjadi salah satu kebutuhan setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Lalu, bagaimana jika buah hati anda mengalami susah tidur?

Sebagai orang tua, pasti akan merasa cemas jika buah hati anda mengalami susah tidur sehingga menyebabkan si kecil menangis.

Lalu apa saja faktor yang menyebabkan buah hati anda sulit tidur?

Ada 5 faktor yang menyebabkan buah hati anda susah tidur. Berikut ini  penjelasan faktor-faktor yang menyebabkan buah hati anda mengalami susah tidur, beserta solusi agar buah hati anda tidak mengalami susah tidur.

Kelelahan saat bermain

Lelah bermain dapat membuat buah hati anda sulit tidur, bahkan beberapa dari mereka menjadi gelisah saat tidur.

Sebagai solusinya, anda sebagai orang tua harus mengawasi buah hati anda ketika sedang bermain. Usahakan agar buah hati anda tidak terlalu lelah dalam bermain, sehingga tidak mengalami susah tidur karena lelah bermain.

Tidak tidur siang

kebanyakan anak-anak tidak suka tidur siang atau sulit jika disuruh tidur siang,apalagi saat mereka sedang asyik bermain. Sebagai orang tua, ayah kita harus mulai membiasakan kepada mereka kebiasaan tidur siang sebagai pola istirahat mereka di siang hari. Jika kebiasaan tidur siang sudah terlatih dilakukan buah hati anda, maka kebiasaan itu akan selalu dilakukan dan keuntungannya badan buah hati anda akan mengalami istirahat di siang hari, mengingat istirahat di siang hari sangat diperlukan oleh buah hati anda untuk menjaga tubuhnya dari rasa lelah. Hilangnya rasa lelah karena kebiasaan istirahat buah hati anda dengan tidur siang, maka buah hati anda tidak akan mengalami susah tidur saat malam hari.

Tidur siang terlalu lama

Tidur siang sangat baik dan dianjurkan untuk dilakukan anak-anak sebagai istirahat mereka di siang hari. Namun, kita sebagai orang tua juga harus ingat, tidur siang yang terlalu lama bisa menyebabkan anak-anak sulit tidur di malam harinya.

Untuk itu, tetap membiasakan tidur siang pada anak-anak dengan waktu yang tidak terlalu lama, agar saat tidur di malam hari mereka tidak mengalami susah tidur.

Anak bermain gadget

Sebagian besar anak lebih suka bermain gadget dan smartphone. Namun sebaiknya ayah dan bunda harus memberi pengawasan terhadap anak-anak terutama saat mereka bermain gadget. Tidak ada salahnya pula apabila orang tua melarang buah hati mereka bermain gadget agar terhindar dari dampak-dampak yang tidak diinginkan.
Salah satu dampak jika anak bermain gadget adalah menjadi sulit untuk tidur.

Untuk itu, memberi pengawasan kepada anak saat bermain sangatlah penting untuk menghindarkan mereka dari dampak-dampak yang tidak diinginkan.

Kamar yang kurang nyaman

Kamar yang kurang nyaman bisa membuat buah hati anda mengalami kesulitan saat akan tidur. Untuk itu, menjaga kenyamanan kamar agar buah hati anda nyaman saat berada di kamar juga penting untuk dilakukan.

Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kenyamanan kamar:

  • Berikan ventilasi udara yang cukup. Atau apabila kita berada pada daerah yang panas, kita bisa menggunakan AC atau kipas angin.
  • Membiasakan mematikan lampu terlebih dahulu saat si kecil akan tidur. Karena cahaya yang terlalu terang bisa menyebabkan buah hati anda susah untuk tidur.
  • Mengajarkan si kecil membersihkan tempat tidurnya terlebih dahulu dan berdoa sebelum tidur.

Para ayah dan bunda bisa mencoba melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi buah hati anda yang mengalami kesulitan tidur. Selamat mencoba 🙂