Tak lama lagi kita semua, khususnya umat muslim akan menjalani yang namanya ibadah puasa ya. Pasti sudah banyak yang tak sabar lagi untuk menantikan kehadiran bulan suci yang penuh berkah tersebut. Terutama adalah anak-anak, yang memang banyak menantikan bulan puasa.

Sebelum menyaksikan (video) dongeng anak islami tentang puasa, akan kami jelaskan beberap manfaat dan pentingnya untuk memberikan dongeng pada anak pada waktu puasa.

Mengapa anak-anak banyak sekali yang sangat menantikan bulan puasa?

Ternyata tak Cuma para orang dewasa saja yang merindukan dan menantikan bulan puasa tiba. Tapi banyak juga anak-anak yang tak sabar untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Karena memang banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan pada bulan suci tersebut.

 

Dongeng Anak Islami

Lalu apa sajakah berbagai macam kegiatan yang sangat dinantikan oleh anak-anak tersebut.

Selain anak-anak bisa belajar puasa, sholat tarawih, banyak juga anak-anak yang menantikan namanya berbagai macam cerita dongeng islami tentang puasa. Karena yang namanya anak-anak ini sangat antuasias sekalu ketika mendengarkan dongeng atau cerita.

Banyak sekali memang orang tua yang sengaja memberikan dongeng anak islami mengenai tema puasa, yang memang tujuannya supaya bisa memberikan pendidikan agama melalui cerita.

Apa saja sih manfaat mendongengkan cerita anak islami mengenai tentang puasa tersebut?

Pastinya masih banyak orang yang bertanya-tanya, mengenai penting ataupun manfaat dari mendongengkan berbagai macam cerita anak islami tersebut, terutama mengenai puasa.

  1. Menjadi motivasi anak

Dengan anak-anak mendengarkan dongeng ataupun cerita tentang puasa, maka mereka pun menjadi lebih termotivasi lagi ketika akan belajar untuk menjalani ibadah puasa. Karena memang pastinya si kecil pun tidaklah mudah untuk memulai belajar puasa. Jadi jika si kecil sudah mendengar cerita tersebut, akan memotivasinya.

  1. Semangat

Apakah Cuma menjadi termotivasi saja setelah mendengar cerita dongeng islami tersebut?. Jawabannya tentu saja tidak bunda dan ayah. Karena si kecil akan lebih bersemangat lagi untuk menjalani salah satu kewajiban dari umat muslim ini. Meskipun memang tidak mudah baginya untuk menahan lapar dan haus.

  1. Si kecil menjadi penyayang

Mengapa si kecil menjadi penyanyang setelah mendengar berbagai macam dongeng anak islami yang temanya puasa?

Karena memang kita menjalani ibadah puasa ini harus menahan lapar dan haus, supaya bisa merasakan penderitaan yang dialami oleh saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Nah secara otomatis maka si kecil pun menjadi lebih penyayang lagi , terutama kepada saudara-saudaranya yang kurang beruntung.

  1. Membentuk pribadi si kecil

Tentu saja yang namanya berbagai macam cerita atau dongeng islami tersebut dikemas semenarik mungkin, dan juga diselingi dengan nilai moral. Lalu apakah yang menjadi nilai plusnya?

Yang menjadi nilai plusnya adalah berbagai macam nilai moral yang diselipkan pada cerita atau dongeng tersebut bisa membantu untuk membentuk karakterk atau pribadi si kecil menjadi lebih baik.

Misalnya seperti apa?

Contohnya adalah saat bulan puasa maka kita di anjurkan untuk saling berbagi, dengan cara membagi makanan untuk buka puasa dan yang lainnya.

Nah dari hal tersebut maka akan membentuk pribadi si kecil supaya bisa saling tolong menolong dan juga member kepada sesama.

Lantas kapan waktu yang tepat membacakan dongeng islami mengenai puasa tersebut?

Sebaiknya dongeng tersebut bisa ayah dan bunda bacakan ketika akan menjelang buka puasa. Supaya si kecil juga akan lebih semangat dalam menantikan waktu berbuka puasa.

Apakah boleh membiarkan si kecil membaca buku dongeng islami tersebut sendiri?

Memang sebaiknya harus ada orang tua yang mendampinginya, sambil memberikan pelajaran dan arahan mengenai cerita tersebut kepada si kecil.

Berikut ini ada sepotong video berjudul “Puasa Sang Ulat” yang bisa ayah dan bunda ceritakan pada si kecil yang sedang berpuasa.